Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan potensi kerugian sektor MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions) akibat pandemi Covid-19 berkisar Rp 2,69 triliun – Rp 6,94 triliun akibat wabah Covid-19. Agar bisa bertahan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama sempat mengusulkan agar MICE dilakukan secara secara online

Pasalnya, sekitar 96,43 persen acara di 17 provinsi harus ditunda, dan 84,20 persen lainnya dibatalkan. Selain itu, keberadaan lebih dari 90.000 pekerja industri kreatif yang ikut terimbas.

Data itu dikutip dari Indonesia Event Industry Council (Ivendo). Dengan begitu, pelaku usaha di industri MICE harus memikirkan cara untuk bisa tetap bertahan.

“MICE online tetap ada keuntungan tetapi online ini tidak bisa terus menerus karena pemain MICE kita banyak yang offline. Kami optimistis online tetap harus ada namun jangan menggantikan offline,” tutur Direktur MICE Kemenparekraf Iyung Maruroh dalam keterangan tertulis, Selasa, 2 Juni 2020.

Semua jenis aktivitas MICE terdampak pandemi secara merata. Pelaku industri bergerak cepat demi menahan imbas lebih buruk, serta menggencarkan anjuran penundaan dibandingkan dengan pembatalan. Berdasarkan data International Congress and Convention Association (ICCA) World Member Update per 27 Februari 2020 tercatat sedikitnya 12 acara ditunda di Indonesia, serta dua dibatalkan.  

Iyung mengatakan perlunya strategi pemulihan sektor MICE pascamerugi akibat pandemi Covid-19. Selain menyusun protokol pelaksanaan kegiatan MICE selepas pandemi dan menyusun strategi nasional pengembangan MICE, perlu dilakukan site inspection guna melihat kesiapan destinasi. 

Yang tak kalah utama ialah upaya untuk menggeliatkan kembali pasar domestik agar kembali mulai melaksanakan kegiatan MICE di destinasi yang sudah siap. Hal ini bertujuan agar perputaran ekonomi berangsur pulih. 

“Termasuk di dalamnya kita dorong meeting-meeting pemerintah dan korporasi agar lebih banyak di dalam negeri. Kami juga roadshow untuk meyakinkan asosiasi, industri dan penyelenggara kegiatan MICE mengenai kesiapan Indonesia menjadi destinasi MICE yang aman dan nyaman,” ujar Iyung. 

Keberadaan MICE memiliki beberapa nilai tambah terhadap perekonomian. Mengacu data Global Business Travel Association (GBTA) 2014, posisi MICE sangat kompetitif karena minimal 50 persen dari transaksi wisata dunia sebesar US$ 1,18 triliun adalah perjalanan bisnis. Angka belanja positif juga dimiliki wisatawan berbasis MICE.

Berdasarkan International Congress & Convention Association (ICCA) pada 2018, wisatawan MICE memiliki kemampuan belanja US$ 2.000 per orang per hari. Angka tersebut merupakan 7 kali lipat dari kemampuan belanja wisatawan biasa. Selain itu, wisatawan MICE ini memiliki rata-rata menginap lima malam.

 

Sumber : https://bisnis.tempo.co/