Surabaya Jawa Timur (Jatim) memiliki potensi pariwisata yang besar, yang mencakup banyak desa wisata dan UMKM. Potensi ini didukung oleh infrastruktur yang baik, sehingga memudahkan para wisatawan untuk berkunjung.

Hal itu disampaikan oleh Vinsensius Jemadu, Deputi Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Panca R Sarungu, President of Indonesia Travel & Tourism Awards (ITTA) Foundation, dalam East Java Tourism Summit (EJTS) 2022 yang diadakan ITTA Foundation pada Rabu (30/3/2022).

Kegiatan tersebut merupakan konferensi pariwisata pertama di Jatim yang difokuskan untuk membahas kolaborasi pariwisata dan ekonomi Jatim serta acara penghargaan untuk sektor bisnis dan pariwisata di Indonesia.

Vinsensius yang mewakili Menparekraf mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan EJTS dilaksanakan di Surabaya, mengingat Jatim memiliki potensi pariwisata yang besar, termasuk banyak desa wisata.

Panca R Sarungu, President of ITTA Foundation, menambahkan EJTS adalah event kolaborasi industri pariwisata di Jatim untuk mendorong pulihnya sektor ini. Ia melihat sektor pariwisata mulai pulih, termasuk UMKM yang dapat meningkatkan perekonomian. Ia optimis sektor ini akan pulih sepenuhnya setelah Lebaran.

“Jatim memiliki potensi yang besar sebagai tujuan wisata. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penerbangan ke Surabaya merupakan yang terbanyak setelah Bali dan Jakarta. Surabaya juga memiliki infrastruktur yang baik, sehingga memudahkan para wisatawan untuk berkunjung,” ujarnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mengatakan perlunya meningkatkan semangat bersama dalam membangkitkan sektor pariwisata di Jatim, mengingat sektor ini paling terpukul pada masa pandemi Covid 19.

EJTS 2022 menghadirkan talkshow untuk berbagi ilmu bersama para pakar industri pariwisata dan perhotelan tentang bagaimana meningkatkan pariwisata dan perekonomian di Jatim pada masa pandemi yang masih berlangsung saat ini.

Acara tersebut diadakan bersamaan dengan 2nd Indonesia Tourism Business Leader Awards 2022/2023 yang memberikan penghargaan kepada tokoh industri pariwisata. Juga diadakan 1st Suramadu Tourism Awards 2022/2023 yang merupakan event tahunan untuk memberikan apresiasi kepada jasa travel & tourism di Jatim.

Rini Setiowati, Dekan Binus Business School Master Program dan Research Desk Partner ITTA Foundation, sangat mendukung terselenggaranya EJTS 2022 serta pemberian penghargaan kepada personal dan industri pariwisata demi kemajuan sektor pariwisata di Indonesia. Ia telah melakukan penilaian terhadap calon-calon penerima penghargaan menggunakan metode best research.